Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hukum Penawaran Dan Perubahan Penawaran Dalam Ilmu Ekonomi

Hukum Penawaran Dan Perubahan Penawaran


Hukum penawaran menyatakan korelasi antara harga barang/jasa dengan jumlah yang ditawarkan positif. Artinya, bila harga naik, maka jumlah yang ditawarkan juga naik. Demikian pula sebaliknya kalau harga turun maka jumlah yang ditawarkan juga mengalami penurunan. Bisakah sekarang menandakan aturan penawaran ini? Mengapa barang yang ditawarkan lebih banyak ketika harganya naik? 

Tentu saja bisa. Pada dasarnya produsen yaitu logis dan berusaha meterbaikkan keuntungan. Produsen beralasan bahwa kalau harga naik, sedangkan faktor lain konstan, maka produsen menjadi lebih mau untuk mengatakan barang dalam jumlah yang lebih banyak sebab dengan demikian akan mempersembahkan keuntungan lebih banyak. Demikian juga sebaliknya.

Perubahan Penawaran

  • Perubahan Biaya Produksi
Biaya produksi memilih harga pokok barang yang diproduksi. melaluiataubersamaini demikian, bila biaya produksi berubah (misalnya meningkat) produsen akan mengurangi jumlah penawaran. Jika biaya produksi turun, maka akan semakin banyak barang atau jasa yang ditawarkan sehingga kurva penawaran akan bergeser ke kanan atau ke bawah (dalam gambar ke S1 S1). Demikian pula kalau terjadi sebaliknya, kurva penawaran akan bergeser ke 2 S2 bila biaya produksi meningkat jumlah produksi berkurang sehingga barang atau jasa yang ditawarkan akan berkurang.


  • Teknologi yang Digunakan
Teknologi yang dipakai dalam produksi tiruanla dimaksudkan biar terjadi efisiensi dalam produksi. Semakin modern teknologi yang dipakai produksi semakin efisien. Artinya, semakin modern teknologi yang digunakan, baik kualitas maupun kuantitas produksi semakin meningkat dengan biaya produksi yang semakin sanggup ditekan. Oleh sebab itu, kemajuan teknologi sanggup mempengaruhi besar-kecilnya penawaran.
  • Harapan Mendapatkan Laba
Besar-kecilnya keuntungan yang diinginkan oleh penjual/produsen akan mempengaruhi besar-kecilnya harga jual barang kepada konsumen. Besar-kecilnya harga jual akan besar lengan berkuasa terhadap besar-kecilnya jumlah barang yang ditawarkan.
  • Harapan Masa yang akan Datang (Expectation)
Ketika produsen tahu bahwa barang yang diproduksinya ialah salah satu barang yang mulai langka maka tindakan produsen yaitu menahan barang hingga dibutuhkan harga akan naik terus dan kelak produsen akan mendapat keuntungan yang besar. Tindakan demikian dalam adat bisnis tidak diperkenankan karenasama dengan tindakan penimbunan barang yang akan merugikan rakyat banyak sehingga dikhawatirkan konsumen tidak akan bahagia terhadap barang tersebut dan beralih kepada barang lain (barang substitusi).
Sumber Psutaka: Yudhistira

Post a Comment for "Hukum Penawaran Dan Perubahan Penawaran Dalam Ilmu Ekonomi"