Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bentuk Tanggung Jawab Sebuah Tim

Terkadang untuk mencapai sebuah kesukesan dibutuhkan kolaborasi dan kerja keras yang didukung oleh beberapa orang. Dalam sebuah organisasi atau forum pendidikan, seorang manajer tidak bisa sendiri dalam mencapai kesuksesan. Seorang manajer harus dimenolong oleh anggota-anggota yang kreatif dan inovatif sehingga sanggup mempersembahkan inspirasi dan gagasan yang cemerlang. 

Manajer sebagai pemegang kekuasaan harus sanggup mengidentifikasikan psikologi para anggotanya, sehingga anggota merasa diperhatikan dan dengan perhatian tersebut anggota akan termotivasi untuk bekerja lebih baik.

Kerja sama dalam sebuah organisasi atau apapun bentuknya sangat menguntungkan dan aneka macam manfaatnya. Dalam kolaborasi tersebut, tidak luput dari yang namanya kelompok/ tim dan baik buruknya sebuah planning dan kiprah itu dipengaruhi oleh kinerja kelompok/tim tersebut.

Adapun ciri-ciri tim yang berkinerja tinggi ialah sebagai diberikut:
  • Seluruh anggota tim mempunyai tekad menuntaskan tujuan atau misi yang dikembangkannya.
  • Tim bekerja dalam lingkungan yang anggotanya saling terbuka dan percaya satu sama lainnya.
  • Seluruh anggota tim merasa mempunyai tim, dan secara sukarela berpartisipasi di dalamnya.
  • Anggota tim terdiri atas orang dengan pengalaman, gagasan, dan pandangan yang tidak sama dan perbedaan ini dihargai.
  • Semua anggota tim secara terus menerus berguru dan memperbaiki dirinya. Hal ini memmenolong meningkatkan kemampuan tim dalam memecahkan persoalan.
  • Semua anggota tim mengerti peranan dan tanggung jawabannya, serta saling menghargai satu sama lainnya.
  • Keputusan diambil menurut konsensus (kesepakatan bersama).
  • Setiap anggota tim berkomunikasi secara terbuka, eksklusif dan saling mendengarkan satu sama lain secara adil dan penuh kesabaran.
  • Tim sanggup menangani konflik tanpa harus memunculkan permusuhan.
  • Pimpinan tim mempraktikkan gaya kepemimpinan partisipatif.
 
Agar tiruana anggota tim sanggup mengoptimalkan tiruana potensi yang ada dalam dirinya, maka perlu diketahui tipe-tipe tim yang cocok dengan kualifikasi anggota tim tersebut, serta kiprah dan tanggung tanggapan masing-masing tim tersebut.

1. Tim Formal  

Adapun yang termasuk ke dalam tipe tim formal yaitu sebagai diberikut:

a. Tim fungsional, yaitu tim permguan yang dibuat oleh organisasi untuk meraih sejumlah tujuan organisasi dengan jangka waktu yang tidak terbatas. Tim ini dipimpin oleh seorang kepala administrator yang anggotanya dipilih menurut bidang keahliannya. Tugas dan tanggung jawabannya antara lain:
  • mengelola kegiatan organisasi sehari-hari,
  • melakukan pertemuan secara bersiklus untuk mengulas planning kerja,
  • menerima laporan dari bawahan dalam rangka mengontrol, menyusun, merencanakan, dan melaksanakan kiprah pekerjaan tim. 
 
b. Tim pendukung formal, yaitu tim yang memdiberi derma dan layanan menyerupai keuangan, sistem informasi, administrasi, dan personalia. Tugas dan tanggung jawabannya antara lain:
  • bertugas dan bertanggung tanggapan penuh terhadap beban kerja rutin,
  • meningkatkan produktivitas.

2. Tim informal

Sebuah tim atau grup informal atau grup kepentingan (informal or interest group) diciptakan oleh anggota-anggotanya sendiri untuk meraih tujuan-tujuan yang belum tentu relevan dengan tujuan-tujuan organisasi. Tim ini juga tidak mempunyai jangka waktu yang spesifik.

misal: sekelompok karyawan yang makan siang bersama setiap hari, berdiskusi wacana bagaimana cara memperbaiki produktivitas kerja. Namun, ketika makan siang selesai, karyawan tersebut akan mencari mitra lain atau acara lain.

 Terkadang untuk mencapai sebuah kesukesan dibutuhkan kolaborasi dan kerja keras yang didu Bentuk Tanggung Jawab Sebuah Tim

3. Tim Tugas

Sebuah tim kiprah diciptakan oleh organisasi untuk meraih tujuan dengan ruang lingkup yang relatif sempit dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Organisasi memilih anggota tim kiprah dan melimpahkan sejumlah sasaran dengan ruang lingkup yang relatif sempit, menyerupai pengembangan produk gres atau pengevaluasian mekanisme penyampaian keluhan yang sudah diusulkan. Adapun yang termasuk ke dalam tipe tim kiprah yaitu sebagai diberikut:

  • Tim proyek, yaitu tim yang dibuat selama berlangsungnya suatu proyek tertentu. Tim ini tergantung pada saling pengertian antaranggota dan pelaksanaan kerja yang teratur. Tugas dan tanggung jawabannya antara lain: memilih pertolongan kelompok dan kiprah serta perencanaan yang rinci dengan penuh disiplin. 
  • Tim perubahan, yaitu tim yang terdiri dari para andal yang ditujukan untuk membuat perubahan dengan kemampuan kolektif. Tim ini dipimpin oleh orang yang percaya akan perubahan dengan pengabdian yang tinggi terhadap organisasinya. Tugas dan tanggung jawabannya antara lain: mempengaruhi budaya perusahaan untuk mencapai peningkatan hasil dengan menerapkan metode baru. 
  • Tim khusus, yaitu tubuh otonom yang terpisah dari organisasi, seringkali berkedudukan di lokasi yang jauh. Tugas dan tanggung jawabannya antara lain: berserius pada tugas-tugas tertentu, membentuk anggota tim yang fleksibel, indepencient, dan tangguh untuk mengejar hasil optimal, bukan sekedar prediksi atau perkiraan. 
  • Tim gugus kiprah sementara, yaitu tim yang dibuat untuk mempelajari atau memecahkan kasus tertentu dan melaporkannya kepada pimpinan. Tugas dan tanggung jawabannya antara lain: membangun sistem IT baru, menghilangkan kemandekan produksi dengan melibatkan diri dalam tugas-tugas serupa, biasanya bekerja dalam tenggat waktu yang ketat dan memakai proses informal dan membuat alternatif. 


Daftar Pustaka: Erlangga

Post a Comment for "Bentuk Tanggung Jawab Sebuah Tim"