Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Faktor Yang Mendorong Perdagangan Internasional

4 Faktor Yang Mendorong Perdagangan Internasional



Mengapa suatu negara melaksanakan perdagangan intenasional? Perdagangan internasional sanggup terjadi lantaran beberapa alsan, antara lain:

Adanya Perbedaan Harga


Perbedaan ini memungkinkan suatu negara membeli (mengimpor) barang-barang luar negeri dengan harga yang lebih murah daripada produksi dalam negeri, dan menjual (mengekspor) produk-produknya ke luar negeri dengan harga yang lebih tinggi daripada dijual di dalam negeri. Perdagangan luar negeri sering timbul lantaran adanya perbedaan harga. Lalu, bagaimana perbedaan harga ini sanggup terjadi? Faktor apakah yang memilih penetapan harga oleh produsen?



Setujukah engkau bahwa harga sangat ditentukan oleh biaya produksi, ibarat upah, biaya modal, sewa tanah, biaya materi mentah, dan efisiensi dalam proses produksi? Nah, biaya produksi untuk menghasilkan suatu jenis barang tertentu sering tidak sama antara satu negara dengan negara lain. Perbedaan ini disebabkan keragaman dalam jumlah, jenis, kualitas, serta cara-cara mengombinasikan faktor-faktor produksi tersebut. Perbedaan harga inilah yang menjadi fàktor pendorong timbulnya perdagangan antarnegara.

Keguakaragaman Kondisi Geografis


Perhatikanlah gambar di samping. Mungkin bagimu pohon pisang yaitu buah-buahan yang sangat biasa dan praktis dijumpai. Namun, seandainya berada di negara Eropa ibarat Inggris atau Prancis, engkau akan sangat susah menemukan pohon pisang. Sulitnya menemukan pohon pisang bukan berarti engkau tidak bias menyantap pisang di sana. Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara membeli barang-barang yang tidak sanggup diproduksi di dalam negeri lantaran adanya perbedaan kondisi geografis.

Penghematan Biaya


Alasan ketiga yaitu timbulnya Increasing Returns to Scale, yaitu penurunan biaya lantaran skala produksi yang lebih besar. Banyak proses produksi yang sudah menikmati skala yang ekonoinis, artinya proses produksi tersebut cenderung meiniliki biaya rata-rata yang relatif rendah dikala volume produksi ditingkatkan. Teknik apa yang lebih baik untuk meningkatkan laba selain menjualnya ke negara lain?

Perbedaan Selera


Permintaan suatu barang di suatu negara sangat ditentukan oleh selera. Sekalipun kondisi produksi di tiruana negara serupa, setiap negara mungkin akan melaksanakan perdagangan jikalau selera penduduknya tidak sama. misalnya, negara A dan negara B menghasilkan daging sapi dalam jumlah yang hampir sama. Tetapi, lantaran masyarakat negara A tidak menyukai daging sapi sedangkan masyarakat negara B tidak menyukai daging ayam, maka keduanya sanggup melaksanakan perdagangan internasional.
Sumber Pustaka: Fakultas Ekonomi UI

Post a Comment for "4 Faktor Yang Mendorong Perdagangan Internasional"