Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Penawaran Barang Dan Jasa Beserta Faktornya

Pengertian Penawaran Barang Dan Jasa Beserta Faktornya



Pada Bab 1 sudah dijelaskan bahwa selain adanya barang atau jasa dan acara undangan dibutuhkan pula acara penawaran untuk terjadinya transaksi. Kegiatan penawaran ialah bentuk perjuangan produsen dalam memenuhi kebutuhan konsumen atas barang dan jasa. Berapa besar jumlah hasil produksi yang sanggup ditawarkan produsen di pasar? Dalam hal ml produsen tidak sanggup memilih sendiri jumlahnya alasannya ialah banyak faktor yang mempengaruhi. Agar sanggup memahaininya pelajari secara saksama bahan pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhmnya diberikut ini.

Pengertian Penawaran Barang dan Jasa


Coba engkau perhatikan sikap para produsen atau pedagang yang ada di sekitar daerah tinggalmu, ibarat toko roti. tukang bakso, dan pedagang kaki lima. Berbagai cara mereka lakukan biar konsumen berminat membeli barang yang ditawarkannya. Dan mengemasnya dengan rapi dan menarikdanunik hingga mempersembahkan harga yang sesuai. Apakah dengan harga yang diputuskan barang dagangan tersebut akan laris terjual? Pertanyaan ini selalu muncul dalam benak produsen alasannya ialah jawabananya akan menghipnotis jumlah barang yang ditawarkan selanjutnya. Jika tidak, ada kemungkmnan produsen akan mengurangi jumlah barang yang akan ditawarkan. Sebaliknya, produsen akan menambah penawaran kalau barang tersebut laris terjual.



Agar lebih jelasnya coba perhatikan teladan diberikut i. Tuan Ismail pergi ke pasar untuk menjual 10 ujung ayam. Ia mengharapkan ayamnya laris terjual seharga Rp40.000,00 per ujung. Namun, di luar impian ayam-ayam tadi spesialuntuk ditawar Rp25.000,00 per ujung. Melihat kondisi itu Tuan Ismail kembali mempertimbangkan niatnya untuk menjual seluruh ayam yang dibawa. Satu sisi Ia akan rugi kalau menjual seluruh ayam tersebut alasannya ialah tidak sebanding dengan biaya yang sudah dikeluarkan. Di sisi lain ía sangat membutuhkan uang untuk membayar uang sekolah anaknya. Sesudah memperhitungkan dengan masak-masak akhirnya Tuan Ismail memutuskan spesialuntuk 6 ujung ayam yang dijual. sisanya yang 4 ujung dibawa pulang sambil menunggu harga naik. melaluiataubersamaini deinilkian, ayam yang ditawarkan Tuan Ismail sudah berkurang dan 10 ujung menjadi 6 ujung. Dan uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa penawaran ialah jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga. waktu, dan daerah tertentu.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran


Seperti halnya acara permintaan, selain harga ada beberapa faktor lain yang menghipnotis tinggi-rendahnya kegiatanpenawaran. Faktor-faktor tersebut terdiri dan biaya produksi, tingkat teknologi. harga barang lain, dan tujuan perusahaan.  Biaya produksi ialah keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan barang/ jasa. Tinggi rendahnya biaya produksi sangat besar lengan berkuasa terhadap jumlah barang atau jasa yang akan ditawarkan di pasar. Jika biay produksi tinggi umumnya podusen akan mengurangi acara produksi, karenanya jumlah barang yang ditawarkan pun berkurang. Sebaliknya, kalau biaya produksi rendáh produsen cenderung akan meningkatkan hasil produksi sehingga jumlah barang yang akan ditawarkan bertambah. Dan tingkat teknologi, harga barang lain serta tujuan perusahaan.
Sumber Pustaka: Yudhistira

Post a Comment for "Pengertian Penawaran Barang Dan Jasa Beserta Faktornya"