Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prilaku Konsumen Dalam Kepuasan Terhadap Produk

Prilaku Konsumen Dalam Kepuasan Terhadap Produk


Bagaimanakah sikap konsumen dalam mengonsumsi suatu produk? Apakab Anda sangat loyal terhadap suatu produk tertentu, contohnya Coca-Cola? Mengapa Anda loyal? Apakah soft drink merek lain tidak sebaik Coca-Cola? Atau Anda spesialuntuk mengikuti musim atau ikian Coca-Cola yang menampilkan Sheila on 7?

Di dalam ilmu ekonomi, sikap konsumen yaitu suatu bab yang dipelajari. Banyak konsumen yang sangat loyal terhadap suatu produk, contohnya obat sakit kepala Pararnex sehingga jika tak tersedia obat itu dikala mereka membutuhkan. mereka akan mencarinya hingga diketemukan. Ada juga konsumen yang tidak loyal pada merck tertentu. Asal fungsinva sama, mereka akan menggunakannya.



Tentu Anda bertanya, mengapa ada orang yang sangat loyal terhadap suatu produk tertentu?

sepertiyang kita ketahui, tujuan utama dan konsumen dalam mengonsumsi suatu produk yaitu untuk meterbaikkan kepuasan total (total utility). Kepuasan total sanggup didefinisikan sebagai suatu keadaan- yang mencermjnkan kebutuhan, keinginan, dan keinginan konsumen sanggup terpenuhi melalui produk yang dikonsumsi.

melaluiataubersamaini demikian, bila seorang konsumen loyal terhadap suatu produk tertentu ia sudah memiliki persepsi dan ekspektasi terhadap produk tersebut. Artinya, di benak konsumen sudah tertanam suatu asumsi bahwa suatu produk tertentu sanggup memenuhi kepuasannya.

Menurut Vincent Gasperz, terdapat faktor-faktor yang mensugesti persepsi dan ekspektasi konsumen, yaitu

Kebutuhan dan keinginan

Jika kebutuhan dan keinginan konsumen besar, maka persèpsi dan ekspekstasi konsumen juga besar, demikian pula sebaliknya.

Pengalaman masa lalu

Pengalaman mengonsumsi produk yang sama atau produk Iainnya yang sama fungsinya.

Pengalaman Dari kawan

Teman Anda yang pernah mengonsumsi suatu produk sebelum Anda, akan menceritakan kepada Anda kualitas produk tersebut sehingga sanggup menambah atau mengurangi persepsi atau ekspekstasi Anda terhadap produk yang akan Anda konsumsi.

Komunikasi iklan dan pemamasukan

Ikian dan pemamasukan sanggup merubah ekspektasi Anda. Mungkin saja ekspektasi Anda terhadap produk Es Teller 77 meningkat alasannya ada bintang sinetron kegemaran Anda yang menjadi bintang iklannya.
Sumber Pustaka: Yudhistira

Post a Comment for "Prilaku Konsumen Dalam Kepuasan Terhadap Produk"