Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Motif Pembelian Dan Manfaatnya

Ketika orang memutuskan untuk membeli barang atau jasa, tentunya mempunyai alasan yang mendorongnya, sehingga beliau melaksanakan pembelian itu. 
When people decide to buy certain goods or services, they certainly have some reasons which make them buy the goods ois services.

A. Motive of Benefit / Motif Manfaat
People buy a product because they see the benefit they will get after buying it. The reason behind the motive is that the people really need the product.

Orang membeli produk alasannya melihat adanya manfaat sehabis beliau membeli produk tersebut. Motif ini biasanya dilatarbelakangi alasan alasannya orang tersebus t benar-benar membutuhkan produk yang dimaksud.
 
B. Motive of Price / Motif Harga
Sometimes people do not want to buy something, but when there is a product which he thinks is cheap, he will buy it. For example, when someone is shopping, he does not initially want to buy any clothes, but when he sees there is a large discount on clothes, he finally buys some although he already has more than enough clothes. 

Orang kadang tidak berniat membeli sesuatu, namun saat ada produk yang menurutnya murah, beliau akan membelinya. Misalnya saat pergi belanja, bergotong-royong seseorang tidak bemiat membeli pakaian, namun saat ada diskon besar orang tersebut karenanya membelinya, padahal pakaiannya sudah lebih dari cukup.
 
C. Motive of Competition / Motif Bersaing
Someone who sees someonerelse as a competitor will try to defeat the other person in everything, including the ownership of something. This reason is closely related to the pride in imitating. So, one buys certain goods or services because of the influence of someone else whom he considers a compelitor.

Orang yang menganggap orang lain sebagai kompetitor akan berusaha mengungguli dalam segala hal, termasuk pula dalam kepemilikan sesuatu. Hal ini juga akrab hubungannya dengan pujian meniru. Jadi, orang membeli barang atau jasa alasannya adanya efek dari orang lain yang beliau anggap sebagai pesaing.  
D. Motive of Fear and Security / Motif Takut dan Keamanan
A person who buys a CO2 tube, helmet and an alarm certainly has certain fear and he wants to anticipate something wrong that may happen.

 Ketika orang memutuskan untuk membeli  barang atau jasa Jenis Motif Pembelian dan Manfaatnya

Orang yang membeli tabung CO2, helm dan alarm tentu mempunyai kekhawatiran dan antisipasi untuk keamanan kalau terjadi sesuatu musibah. 

E. Motive of Interest in or Influence from the Seller Motif Terpengaruh/Tertarik Penjual.
This motive is used as a basis for salesmen to sell his products from door to door.

Hal ini yang menjadi dasar salesman yang door to door untuk menjual produknya.

F. Motive of Curiosity / Motif Penamasukan
One may also buy a product because of curiosity. For instance, someone who is interested in a film because of his friend's story which finally makes him go to the theater to see the film. The same thing may happen with a novel, a comic or a serial book which consists of more than one volume. 

Orang membeli produk dapat juga alasannya rasa keingintahuan yang lebih. Misalnya orang tertarik pada sebuah film bioskop alasannya dongeng dari kawannya sehingga beliau penamasukan dan karenanya menonton. Hal yang sama dapat terjadi untuk novel, komik atau buku bersambung yang terdiri dari lebih satu jilid.





Sumber Pustaka: CV. Yrama Widya

Post a Comment for "Jenis Motif Pembelian Dan Manfaatnya"