Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pasar Oligopoli, Monopsoni, Dan Oligopsoni

A. Oligopoli 

Jika pada pasar monopoli spesialuntuk terdapat satu penjual, maka pasar yang mempunyai beberapa penjual disebut oligupoli. Parda pasar oligopoli, masing-masing perusahaan memproduksi dan menjual produk yang serupa atau hampir serupa. Sebagai contoh, produk kerikil baterai, pasta gigi, sabun mandi, air minum mineral, sepeda motor, accu, dan ban mobil/sepeda motor. 

Strategi yang biasa ditempuh oleh perusahaan-perusahaan oligopoli dalam menguasai dan menarikdanunik konsumen yakni dengan membuat model serta mempersembahkan merek tertentu pada produk yang dijual. Model, dan terutama, merek ini sudah tentu harus berkesan di benak konsumen. Secara umum, konsumen yang sudah terikat pada produk merek tertentu akan susah berpindah ke produk yang lain, meskipun produk merek ini sudah ganti model. 

misal yang paling kentara yakni produk elektronik dan obat-obatan. Jika kalian sakit, umumnya kalian menggunakan obat dengan merek yang sama, bukan? Demikian pula dengan barang elektronik, antara lain televisi, radio kaset, lemari es, dan lain-lain. Seorang bapak, misalnya, akan cenderung untuk membeli televisi berwarna terbaru yang bermerek sama dengan televisi hitam putihnya dulu. 

B. Monopsoni

Pasar monopsoni serupa dengan pasar monopoli. Hanya saja, pasar ini dilihat dari sisi pembeli. Monopsoni menunjuk pada kondisi usul dan pasar yang dikuasai oleh pembeli tunggal. Kondisi ini lebih sering terdapat di kalangan produsen dan jarang di kalangan konsumen. 

Sebuah pabrik teh merek "G", misalnya. Untuk menghasilkan produk berkarakter, perusahaan ini membeli teh pribadi dari para petani. Lantas, perusahaan ini melaksanakan pendekatan secara monopsoni terhadap petani teh di wilayah tertentu. 

 Jika pada pasar monopoli spesialuntuk terdapat satu penjual Pengertian Pasar Oligopoli, Monopsoni, dan Oligopsoni

 Artinya, perusahaan itu sendirilah yang memilih harga teh. Dalam perkara ini, tampak bahwa harga produk ditentukan oleh pihak pembeli. Kedudukan sebagai price maker dalam hal pembelian tersebut, tidak sanggup berlaku dalam penjualan. Perusahaan teh tadi tidak sanggup begitu saja memilih harga jual produknya, mengingat masih ada perusahaan lain yang meluncurkan produk sejenis.

C. Oligopsoni

Oligopsoni merujuk pada suatu kondisi pasar di mana terdapat beberapa pembeli. Ciri-ciri pasar oligopsoni secara umum sama dengan pasar oligopoli. Hanya saja, pasar ini dilihat dari sudut pandang pembeli/konsumen. Setiap pembeli mempunyai tugas cukup besar untuk menghipnotis harga barang yang dibelinya.




Daftar Pustaka: PT. Phibeta Aneka Gama

Post a Comment for "Pengertian Pasar Oligopoli, Monopsoni, Dan Oligopsoni"