Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar Pemilihan Media Iklan Dalam Distribusi Dan Pasar

Dasar Pemilihan Media Iklan


Berikut ini ialah dasar dari pemilihan media iklan yang perlu kita ketahui.

Golongan konsumen

Media ikian yang dipakai harus sesuai dengan konsumen yang menjadi samasukan. Apabila konsumen yang menjadi samasukan ialah pandai balig cukup akal SLTP, maka media iklan yang dipilih ialah media yang bersahabat dengan dunia remaja, ibarat majalah pandai balig cukup akal dan kegiatan TV yang digemari remaja.



Apabila konsumen yang menjadi samasukan ialah para burumah tangga, maka media iklan yang dipilih ialah media yang bersahabat dengan dunia para ibu, ibarat majalah atau tabloid wanita, kegiatan radio atau TV yang mengulas dunia rumah tangga, serta kegiatan telenovela. Cobalah, kalian cermati kegiatan TV khusus untuk remaja! Akan kalian lihat, iklan yang muncul ialah produk untuk remaja.

Tempat tinggal konsumen

Media ikian yang dipakai harus sesuai dengan daerah konsumen menetap. Tempat tinggal kuat terhadap sikap belanja konsumen yang bersangkutan. Konsumen yang menetap di perkampungan biasanya berbelanja di warung atau pasar tradisional. Untuk konsumen ibarat ini, media iklan yang paling sempurna ialah berupa poster yang ditempel di dinding warung.

Dana yang tersedia

Media ikian yang tidak sama memerlukan biaya yang tidak sama pula. Perusahaan biasanya merencanakan dana untuk ikian dalam jumlah tertentu. Perencanaan ini penting supaya tidakboleh hingga biaya yang keluar untuk ikian tidak sebanding dengan penjualan yang diperoleh. Media klan yang dipilih harus sesuai dengan dana yang dianggarkan.

Agar dapat mempengaruhi konsumen, iklan harus menarikdanunik perhatian, mencolok, dan dapat memikat hati bagi yang melihat, membaca, atau mendengarnya. Iklan dapat menarikdanunik perhatian bila bentuk dan warna abjad maupun gambar yang dipakai harmonis. Selain itu, rekiame harus mempersembahkan kesan kepada konsumen bahwa barang yang ditawarkan murah harganya, baik kualitasnya, tinggi kegunaannya, dan terjainin timbangan/ ukurannya. Rekiame yang anggun dapat membangkitkan minat masyarakat untuk membeli barang yang direklamekan.
Sumber Pustaka: Erlangga

Post a Comment for "Dasar Pemilihan Media Iklan Dalam Distribusi Dan Pasar"