Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enam Faktor Penentu Penawaran Yang Dianggap Tidak Berubah

Enam Faktor Penentu Penawaran Yang Dianggap Tidak Berubah


Seperti sudah kita pelajari dalam permintaan, dalam merumuskan pengertian penawaran, kita pun cukup menghubungkan harga dan jumlah barang dan jasa yang ditawarken. Hal-hal lain yang bahwasanya turut memilih banyaknya barang yang diminta dianggap tidak berubah atau tetap (ceterisparibus).

Naik lurunnya jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dianggap sebagai tanggapan dan perubahan harga barang itu sendiri. Oleh sebab itu, kita merumuskan pengertian penawaran menurut anggapan bahwa factor-faktor selain harga tidak berubah.




Biaya produksi

Biaya produksi memilih jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Harga materi baku yang mahal menjadikan harga produk yang tinggi. Biasanya dengan harga menyerupai itu, penjual akan mengatakan barang dan jasa dalam jumlah terbatas sebab takut tidak laku.

Teknologi

Peningkatan teknologi megampangkan produsen atau agen menyediakan barang dan jasa. Di samping itu, kemajuan teknologi membuat biaya produksi jadi semakin rendah. Semakin rendahnya biaya produksi menjadikan produsen atau agen sanggup mengatakan barang dan jasa dalam jumlah semakin banyak dengan harga yang sama. Misalnya, untuk memproduksi peralatan rumah tangga dan kayu, perusahaan Maju mengeluarkan biaya produksi RplOO.000 untuk tiap unit. Harga jual tiap unit Rp250.000. melaluiataubersamaini mesin pemotong dan penghalus kayu, perusahaan Maju sanggup menekan biaya produksi menjadi Rp75.000 tiap unit. melaluiataubersamaini harga jual per unit tetap Rp250.000, perusahaan Maju sanggup menjual produknya lebih banyak lagi.

Harga barang/jasa pengganti

Apabila harga barang pengganti meningkat, penjual akan menambah jumlah barang yang ditawarkan. Alasannya, konsumen akan beralih dan barang pengganti ke barang yang ditawarkan sebab harganya lebih rendah. Misalnya, kenaikan harga sabun deterjen menjadikan konsumen beralih membeli sabun batangan. Keadaan itu mendorong para penjual sabun untuk lebih banyak mengatakan sabun batangan.

Pajak

Pajak menjadikan harga barang dan jasa semakintinggi. Jika produsen atau agen menganggap bahwa pajak membuat konsumen mengurangi permintaan, mereka akan berailih pada bidang perjuangan lain.

Prakiraan harga di masa hadir

Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik, sementara biaya produksi berkurang atau pendapatan masyarakat meningkat, maka perusahaan akan meningkatkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Sebaliknya, dalam situasi krisis ekonomi, dikala biaya produksi melonjak, harga barang dan jasa naik, dan pendapatan masyarakat tetap, perusahaan cenderung mengurangi jumlah barang dan jasa yang ditawarkan, atau bahkar beralih pada bidang perjuangan lain.

Tujuan perusahaan

Jika perusahaan lebih bertujuan menguasai pasar daripada laba terbaik, perusahaan harus meningkatkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Dalam rangka menguasai pasar, perusahaan harus menekan harga barang atau jasa sehingga laba yang diperoleh kecil.
Sumber Pustaka: Erlangga

Post a Comment for "Enam Faktor Penentu Penawaran Yang Dianggap Tidak Berubah"