Media Massa Sebagai Media Sosialisasi Dalam Pembentukan Kepribadian
Media Massa Sebagai Media Sosialisasi Dalam Pembentukan Kepribadian
Media massa terdiri atas media cetak (surat kabar dan majalah) dan media elektronik (radio, televisi, video, film, pienteng hitam, dan kaset). Media itu adalah alat komunikasi yang sanggup menjangkau masyarakat secara luas. Media massa diidentifikasikan sebagai media sosialisasi yang kuat pula terhadap sikap masyarakat.
Pesan-pesan yang ditayangkan melalui televisi sanggup mengarahkan masyarakat ke arah sikap proporsional (sesuai dengan norma-norma masyarakat) atau sikap antisosial (berperihalan dengan norma-norma masyarakat). Penayangan berkesinambungan terkena perang menyerupai perang Teluk, perang di Somalia dan Sudan, perang di bekas negara Yugoslavia, dan penayangan film yang menonjolkan kekerasan dianggap sebagai faktor yang mendorong sikap garang pada bawah umur yang melihatnya. Demikian juga penayangan adegan-adegan porno di layar televisi sering dikaitkan dengan perubahan adab serta peningkatan pelanggaran susila dalam masyarakat.
Ikian-ildan yang ditayangkan melalui televisi memiliki potensi untuk mengubah teladan konsumsi atau gaya hidup masyarakat. Media massa pun sering dipakai untuk mensugesti dan membentuk opini umum. Di banyak negara, termasuk Indonesia, televisi juga dimanfaatkan untuk menayangkan siaran-siaran pendidikan.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara
Post a Comment for "Media Massa Sebagai Media Sosialisasi Dalam Pembentukan Kepribadian"