Pengertian Penawaran, Penawaran Individu Dan Pasar Dalam Ilmu Ekonomi
Pengertian Penawaran Dalam Ilmu Ekonomi
Bila kita perhatikan barang yang sudah selesai diproduksi, selanjutnya didistribusikan kepada konsumen. Pada awalnya, bila dagangan ingin laris penjual dengan cara apapun hadir kepada konsumen untuk mengatakan barangnya. Penawaran suatu barang berasal dan pihak produsen. melaluiataubersamaini demikian, penawaran ialah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (produsen) pada banyak sekali tingkat harga dan dalam waktu tertentu (per hari, per minggu, per bulan, per tahun).
Penawaran Individu Dan Penawaran Pasar
Seperti halnya permintaan, penawaranpun mempunyai penawaran individu (per produsen) dan penawaran pasar. Penawaran pasar ialah penjumlahan penawaran individu. Perhatikanlah peraga diberikut!Dari peraga tersebut sanggup diketahui bahwa jumlah yang ditawarkan masing-masing produsen tidak sama-beda. Apa yang memilih penawaran oleh suatu produsen tertentu, contohnya penawaran jeruk oleh petani? Jawabnya ialah sebagai diberikut.
- Harga
- Harga Input (faktor produksi)
Untuk menghasilkan tomat, petani memakai banyak sekali input menyerupai tanah, tenaga kerja, modal, dan pupuk. Jika salah satu atau seluruh input ini mengalami kenaikan, petani akan mengurangi produksi dan mengatakan lebih sedikit tomat. Bahkan jikalau 4iarga-harga input tersebut talc sanggup dijangkau lagi oleh petani, maka produksi tomat pun akan dihentikan.
- Teknologi
- Ekspekstasi produser
Kurva penawaran bergerak dan kin bawah ke kanan atas, atau sebaliknya dan kanan atas ke kin bawah. Hal ini memperlihatkan bahwa hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus atau searah (positif).
Sumber Pustaka: Yudhistira
Post a Comment for "Pengertian Penawaran, Penawaran Individu Dan Pasar Dalam Ilmu Ekonomi"