Perbandingan Sarana Dan Prasarana Transportasi Periode Kemudian Dan Periode Sekarang
Perbandingan masukana dan pramasukana transportasi masa kemudian dan masa kini sanggup dilihat dari daerah dan alatnya.
1. Tempat Pramasukana daerah yang dimaksud yaitu terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara.
- Terminal
Terminal pada masa laiu spesialuntuk ada di beberapa kota namun kini sudah hampir ada di setiap kota, bahkan ada desa yang sudah mempunyai terminal.Terminal ada dua macam, yakni terminal indukdan terminal antar.
Terminal induk ialah terminal daerah pemberhentian jalur antarkota sehingga bus dan angkutan lain menuntaskan jalurnya di terminal ini. Terminal antar ialah terminal sementara, sehingga bus atau angkutan lain meneruskan perjalanan lagi setelah berhenti di terminal ini.
- Stasiun
Stasiun pada masa kemudian spesialuntuk ada di beberapa tempat. Pada masa kemudian jumlah kereta api masih sedikit sehingga tidak terlalu banyak dibangun stasiun kereta api. Pada masa kini stasiun-stasiun kereta dibangun di beberapa kota. Jalur rel kereta bertambah banyak.
Penumpang kereta semakin meningkat jumlahnya. Stasiun kereta dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang modern diadaptasi dengan perkembangan zaman. Stasiun kereta api yang populer antara lain Gambir (Jakarta), Gubeng (Surabaya), dan Tawang (Semarang).
- Pelabuhan
Pelabuhan pada masa kemudian sangat sederhana dan mempunyai kondisi alam yang sudah baik. Pelabuhan spesialuntuk bisa mendapatkan kapal maritim dengan ukuran kecil sehingga kapal-kapal besar tidak bisa berlabuh ke dermaga.
Pada masa kini pelabuhan maritim bisa menampung kapal maritim yang cukup besar. Kedalaman maritim di sekitar pelabuhan ditingkatkan serta dibangun masukana untuk memperbaiki kapal yang rusak. Pada ketika ini dibangun pula beberapa pelabuhan maritim untuk menambah pelabuhan yang sudah ada, baik untuk pelayaran nasional maupun pelayaran internasional. misal pelabuhan maritim adalat pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta), Belawan (Sumatra Utara), dan Tanjung Perak (Jawa Timur).
- Bandara
Bandara singkatan dari bandar udara atau disebut juga pelabuhan udara (pelud). Bandara pada masa lalur disediakan spesialuntuk untuk penerbangan nasional namun kini sudah dibangun bandara untuk penerbangan nasional dan internasional.
2. Alat Transportasi
Perbedaan alat transportasi pada masa kemudian dan masa kini baik di darat, laut, dan udara yaitu sebagai diberikut.
- Di Darat
Pada masa kemudian alat transportasi belum memakai mesin. Alat transportasi yang dipakai masih memanfaatkan tenaga hewan. Pada masa kini alat transportasi sudah memanfaatkan tenaga mesin. Walaupun sudah banyak kendaraan bermotor namun pada masa kini di beberapa daerah masih ada alat transportasi yang memakai tenaga hewan.
Pada masa kemudian jenis alat transportasi yang dipakai jumlahnya masih sedikit sedangkan pada masa kini alat transportasi bermesin sudah sangat banyak jenisnya. Berbagai macam teknologi kendaraan terus ditingkatkan. Semakin tinggi tingkat teknologinya maka semakin mahal pula harganya.
- Di Laut
Pada masa kemudian alat transportasi maritim masih memanfaatkan tenaga alam atau tenaga angin, menyerupai yang dipakai oleh kapal layar. Pada masa kini alat transportasi maritim sudah banyak dalam jumlah dan jenisnya. Mulai dari kapal motor sederhana hingga dengan kapal maritim bermesin besar. Walaupun demikian keberadaan kapal-kapal layar tradisional masih dimanfaatkan hingga kini.
- Di Udara
Pada masa kemudian jumlah pesawat terbang masih terbatas. Pesawat terbang spesialuntuk untuk penerbangan dalam negeri saja. Jumlah bandarapun masih sedikit.Pada masa kini jumlah pesawat terbang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penerbangan yang beroprasi.Bandara nasional dan bandara internasional dan bandara internasional sudah banyak dibangun dikota-kota besar.
Daftar Pustaka: Yudhistira
Post a Comment for "Perbandingan Sarana Dan Prasarana Transportasi Periode Kemudian Dan Periode Sekarang"