Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah-Langkah Menciptakan Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi biasanya dibutuhkan ketika kita melamar pekerjaan, memasuki universitas, maupun melanjutkan pendidikan. Dalam hal ini surat rekomendasi memegang peranan sangat penting. Bahkan dalam be-berapa kasus, surat rekomendasilah yang memilih berhasil tidaknya suatu lamaran. Surat rekomendasi biasanya didiberikan oleh atasan atau pembimbing, atau personal yang kita mintai untuk menuliskan surat rekomendasi.

Surat-surat rekomendasi menekankan bagaimana seseorang sudah bekerja atau berguru pada pekerjaan atau penelitian sebelumnya dan meliputi beberapa aspek juga keahlian yang dimilikinya. Surat rekomendasi harus jtiga meliputi beberapa aspek hubungan antara orang yang direkomendasikan dan pihak yang mempersembahkan rekomendasi. Akan lebih baik kalau orang yang mempersembahkan rekomendasi memiliki reputasi ilmiah.

Terlebih lagi kalau orang yang memdiberi rekomendasi memiliki hubungan khusus dengan pihak ke mana kita akan menyerahkan aplikasi. 

Memdiberikan surat rekomendasi juga bukan hal yang gampang. Sebenarnya, kebijakan (policy) terbaik dalam menulis rekomendasi yaitu menulis fakta secara jujur, menulis apa adanya sesuai dengan apa yang kita lihat dan yakini.

Akan tetapi kalau orang yang akan direkomendasikan memiliki beberapa aspek mental yang tidak baik ataupun prestasi akademik yang sekadar rata-rata, cara demikian akan berakibat fatal. Sebaliknya, menulis rekomendasi dengan melebih-lebihkan atau mengada-ada juga tidak baik.

Oleh karenanya, yang terpenting ketika mempersembahkan surat rekomendasi yaitu kejujuran dalam gaya bahasa diplomatis. Anda memang harus menulis sesuai dengan apa yang anda lihat, tetapi pada ketika bersamaan informasi tersebut mesti disampaikan dengan bahasa yang luwes. Berikut yaitu beberapa referensi dari surat meminta rekomendasi dan surat rekomendasi itu sendiri. 

Kita bisa meminta seseorang, tentu saja yang sudah dikenal kapasitas keilmuannya, untuk mempersembahkan surat rekomendasi bagi kita. misal dari surat menyerupai ini misalnya:

 Surat rekomendasi biasanya dibutuhkan ketika kita melamar pekerjaan Langkah-Langkah Membuat Surat Rekomendasi

Sesungguhnya surat rekomendasi memiliki format yang baku. Meskipun bervariasi berdasarkan pemdiberi rekomendasi, sebuah surat rekomendasi biasanya mesti mencakupkan hubungan eksklusif antara pemdiberi rekomendasi dan orang yang direkomendasikan, hubungan akademis, kapan dan hingga sejauh mana mengenal orang yang direkomendasikan, dan kesan-kesan selama masa berkenalan tersebut, menyangkut daya inisiatifnya, daya intelektual, keahlian bereksperirnan, kemampuan asing, kerjasamanya, kemampuan beradaptasi, dsb.

Kemudian mesti sebut pula kondisi kerja/penelitian ketika ini, status atau pangkat yang sekarang, bidang penelitian yang disukai, dan motivasi berguru ke luar negeri, dan apa yang akan dikerjakan setelah selesai belajar. Itulah hal-hal yang mestinya disebutkan dalam surat rekomendasi.

Berikutnya yaitu hal-hal yang lebih bersifat eksklusif dari orang yang didiberi rekomendasi, contohnya sifat-sifat menyerupai pendiam, supel, periang, juga bagaimana ketaatan pada agamanya, dsb. Terakhir ditulis kesimpulan dari seluruh evaluasi tersebut.



Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI

Post a Comment for "Langkah-Langkah Menciptakan Surat Rekomendasi"